Sandi Rumput dan Morse Pramuka || Rumus Menghafal Cepat

sandi rumput dan sandi morse adalah satu dari sekian banyak sandi dalam ilmu pramuka. pasti kakak sekalian sudah pernah melihat dan mendapatkan pelajaran sandi morse dan sandi rumput ini pada waktu sd atau di tingkat siaga ( tingkatan terendah dalam pramuka).


atau kalian masih belum tahu tentang sandi rumput dan sandi morse ini, kami akan mengenalkan untuk kalian, dan cara menghafal secara cepat.

Sandi Rumput dan Morse Pramuka || Rumus Menghafal Cepat


Sandi morse adalah suatu kode atau sandi menggunakan simbol titik (.) dan Garis (-) untuk sistem representasi  huruf, angka, tanda baca dan sinyal yang di susun sebagai karakter tertentu. sandi ini biasanya di gunakan untuk komunikasi jarak jauh. bunyi pendek di tandai dengan titik (.) dan bunyi panjang di tandai garis (-).

untuk kakak yang belum tahu dengan sandi rumput, silahkan lihat tabel yang bergambar sandi rumput di bawah ini yang kami sediakan untuk kakak.


sandi rumput
sandi rumput


setelah kakak melihat sandi rumput, maka kakak harus melihat tabel dari sandi morse. silahkan cek dibawah ini:

sandi morse
sandi morse


bagaimana menurut kakak?
apa tidak merasa aneh?
sandi morse dan sandi rumput memiliki kesamaan lo..!!

jika kakak teliti pasti kakak akan menemukan kesamaan dari kedua sandi. ya jika Rumput tinggi menandakan strip/ dash (-) dan Rumput pendek menandakan titik/ dot (.)

jadi jika kalian sudah menghafal sandi rumput maka kakak akan gampang dalam menghafal sandi morse.

Metode Menghafal Sandi Rumput dan Sandi Morse

setelah kakak sudah mengenal apa sandi morse dan sandi rumput maka saya akan metode menghafal sandi morse dan rumput yang sudah di ciptakan oleh para ilmuan.

1. Metode Koch

metode ini cukup mudah dengan menggunakan sistem gradual dalam metode penghafalanya. contohnya kalian harus menghafal dua huruf terlebih dahulu, seperti E dan T, jika kalian benar benar hafal, silahkan kalain melanjutkan ke huruf yang lain.  lanjutkan ke huruf huruf yang lain secara berkala, dan harus kalian coba terus menerus agar cepat hafal.

2. Metode Substitusi.

Metode ini banyak digunakan anggota pramuka dari indonesia. dalam metode ini kalian harus menghafal kata yang mewakili abjad dalam sandi morse, contoh katanya seperti di bawah ini:

  1. A = ANO
  2. B = BONAPARTE
  3. C = COBA-COBA
  4. D = DOMINAN
  5. E = EGG
  6. F = FATERJONAN
  7. G = GOLONGAN
  8. H = HIMALAYA
  9. I = ISLAM
  10. J = JAGOLORO
  11. K = KOMANDO
  12. L = LIMONADE
  13. M = MOTOR
  14. N = NOTES
  15. O = OMONO
  16. P = PERTOLONGAN
  17. Q = QQONOKARO
  18. R = RASOHE
  19. S = SAHARA
  20. T = TON
  21. U = UNESCO
  22. V = VERSIKARO
  23. W = WINOTO
  24. Y = YOSIMONO
  25. X = XOSENDERO
  26. Z = ZOROASTER


Setelah kalain menghafal kata diatas kalian tinggal merubah dengan huruf O untuk mewakili garis ( – ) dan huruf vokal lain untuk mewakili kode titik ( . ). 

kalian fokus ke huruf vokal saja, jangan yang lain.

contoh..!!!

kita ingin menulis sandi morse A, maka perwakilan katanya adalah Ano. maka huruf vokal ada 2 A dan O maka akan terbentuk kode . (titik) untuk vokal a dan - (garis) untuk vokal O.

simple kan? 

untuk sandi rumput tersebut tidak jauh beda dengan sandi morse, hanya sedikit merubah. jika strip/ dash (-) menandakan rumput panjang dan titik/ dot (.) menandakan rumput pendek. untuk cara sama seperti di atas. 

contoh:

kita ingin menulis sandi Rumput E, maka perwakilan katanya adalah EGG. maka huruf vokal ada 1 E. maka akan terbentuk kode kode rumput pendek untuk E. tetep rumusnya hanya lihat huruf vokal saja.

kesimpulan:

untuk saya sendiri lebih simple dalam metode yang nomer 2, jadi semoga berhasil.

mungkin hanya ini saja yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jika ada kesulitan dan ada tulisan yang salah atau kurang pas silahkan koment. Karna kritik kalian sangat kami tunggu tunggu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Sandi Rumput dan Morse Pramuka || Rumus Menghafal Cepat"

Posting Komentar

Berkomentar lah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel