Donasi adalah: Arti kata, Menurut hukum, dan Manfaat

Donasi atau sumbangan atau derma dalam bahasa ingris disebut Donation yang berasal dari bahasa latin donum, mungkin kalian tidak asing dengan kata kata donasi, tapi apasih donasi yang sebenarnya sih? yuk kita pelajari.

donasi adalah

Donasi adalah: Arti kata, Menurut hukum, dan Manfaat


Donasi adalah pemberian yang bersifat sukarela dan berbentuk fisik oleh perorangan atau yang lain, tanpa mengharapkan imbalan, yang bersifat tanpa mementingkan keuntungan yang kembali, donasi biasanya untuk meraka yang ditimpa bencana, musibah atau keadaan yang sangat memperhatinkan. Donasi tidak membatasi hanya untuk uang saja, tapi donasi bisa barang, makanan, pakaian, alat alat medis (obat obatan) atau mainan. 

Donasi biasanya dibagikan untuk yang mereka yang terkena bencana alam seperti gempa, banjir, tsunami atau bencani yang lain, tapi tidak sedikit donasi di alokasikan untuk mereka yang terkena benca ulah manusia sendiri, seperti peperangan dan yang lain.

Donasi kemanusiaan cakupannya sangat luas, dana tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu manusia yang kesusahan atau mengalami musibah. Seperti untuk membantu korban bencana alam, korban perang, kemiskinan yang masih banyak dialami oleh masyarakat.

Donasi dalam hukum

Pengertian hukum secara umum donasi dapat diartikan sebuah pemberian bebas, tanpa ada batas jumlah yang hukum atur, akan tetapi donasi terdapat kesepakatan dalam membuat donasi. jadi, donasi tidak mendapatkan status hukum seperti pemindahan hak dalam wilayat hukum perdata. tapi dalam hal politik, donasi sebagai ajang pencari suara, donasi yang dilakukan pada masa kampanye dalam beberapa negara memberikan peraturan dan batasan dalam donasi pada masa kampanye.

Pengertian Donatur

Donatur adalah orang baik berhati malaikat, yang mendonasikan hartanya atau memberikan hartanya kepada orang yang lebih membutuhkan, pemberian harta (donasi) bisa ke orang yang terkena musibah bencana alam, seperti gunung meletus, banjir, longsor, tsunami, gempa bumi, ada benca yang diakibatkan manusia itu sendiri, benca setelah perang, benca radiasi nuklir dan yang lainya.

pemberian dari donasi tidak dibatasi hanya uang saja, tapi bisa berupa makanan, pakaian, alat alat medis, obat-obatan, tempat tinggal sementara dan lainya yang bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Manfaat Donasi.

orang yang menyisakan sedikit (untung untung bisa banyak) rejeki mereka, untuk orang yang membutuhkan. Masih banyak orang yang sangat baik didunia ini, masih peduli untuk sesama.

manfaat dari donasi sama halnya kalian shodaqoh dalam ajaran islam, Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani)

membantu orang yeng membutuhkan sangatlah baik, hingga bisa membantu nyawa orang. tapi bukan hanya memberikan donasi, kita mencegah sesuatu keburukan juga termasuk pemberian yang besar, seperti buang sampa sembarangan, nebang pohon sembarangan, dan hal hal tidak terpuji yang lain, hindari itu semua, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Kesimpulan.

donasi adalah pemberian yang bersifat tidak ingin menerimba balasan, jadi untuk kalian berdonasilah, masih banyak lembaga jujur yang bergerak di bagian penyaluran donasi, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Donasi adalah: Arti kata, Menurut hukum, dan Manfaat"

Posting Komentar

Berkomentar lah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel