Perbedaan SMA dan SMK - Membuat kalian berubah pikiran

Bagi anak yang sudah kelas 9 SMP pasti masih bingung, mau nglanjutin kemana? di SMA atau di SMK.

perbedaan sma dan smk

jika kalian memiliki masalah seperti itu maka kami disini akan membantu kalian dalam memecahkan masalah itu, kami akan berikan info secara rinci, agar kalian tidak kebingungan dalam memilih sekolah lanjutan.

Perbedaan SMA dan SMK


Pada dasarnya untuk memilih sekolah jangan sekali kali mempertimbangkan  karna sekolah tersebut bebas? sekolah itu Hits? sekolah itu banyak cewek cantik? sekolah itu banyak cowok ganteng? temen temen sekelas semua masuk disana? bahkan orang tua yang nyuruh ke sekolah itu? salah menentukan sekarang akan membuat kalian repot kedepanya. kalian harus cermat dalam memilih sekolah mana cocok untuk anda.

Alasan pertama untuk kalian memilih sekolah, cocokan dengan bakat kalian. dan yang paling tahu tentang bakat kalian ya kalian sendiri, tapi jika kalian tidak tahu tentang bakat kalian, silah minta saran kepada orang ahli, seperti melakukan psikotes.

Jika bakat kalian sudah ditemukan atau masih dalam proses pencarian, kami akan sebutkan perbedaan dari SMA dan SMK, agar kalian lebih cermat dalam memilih jurusan atau lainya.


perbedaan sma dan smk
tebak cewek ini anak sma atau smk?
tulis jawaban kalain dikolom komentar  ya


Sekolah Menengah Atas (SMA)


SMA satuan pendidikan setelah SMP (sederajat) yang mengedepankan kemampuan teoritis dalam beberapa bidang ilmu pengetahuan dengan cakupan yang luas. SMA dimulai dari kelas X sampai XII.

Satuan pendidikan ini paling banyak diminati oleh diminati, dan lulusanya telah diaku secara nasional baik international.

Dalam Kurikulum KTSP 2006, pengelompokan tersebut dinamakan penjurusan dan dilaksanakan pada kelas XI. Sedangkan dalam Kurikulum 2013 pengelompokan tersebut dinamakan peminatan yang dimulai pada kelas X. 

beberapa pembagian jurusan pada SMA diantaranya:

IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Pasti jurasan dalamnya orang jenius semua. bagus dalam matematika dan lainya. 

eist jangan seperti dulu, karna banyak juga yang di jurusan IPA ini gak pinter pinter banget, ya sama aja sih.

Penjurusan /peminatan ini lebih fokus dalam pelajaran Ilmu pengetahuan alam, seperti Fisika, Kimia, biologi dan lainya. 

IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Peminatan/penjurusan ini fokus dalam pelajaran ilmu sosial dan humaniora seperti Ekonomi, Geografi, Sejara dan lainya. ests jangan senagn dulu didalam jurusan ini kalian akan diberikan matematika juga loh, tapi matematikanya pasti sejalan dengan jurusan lain, tidak terlalu berat seperti matematika anak IPA.

Ilmu Bahasa.

Penjurusan/peminatan fokus kepada mata pelajaran bahasa & sastra, seperti sastra inggris dan bahasa inggri, Bahasa indonesia dan sastra ingris, 1 bahasa asing wajib, 1-2 bahasa asing pilihan. dalam jurusan ini mempelajari bahasa secara mendalam, meksipun bahasa inggris dan bahasa indonesia juga ada di jurusan yang lain, tapi dalam ilmu bahasa dibahas secara mendalam lagi. 


SMK - Sekolah Menengah Kejuruan


Jika di SMK kalian akan di buat untuk mepelajari jauh lebih spesifik lagi. untuk teori dalam sekolah ini sangatlah sedikit, lebih banyak praktek langsung kelapangan. karna tujuan lulusan dari SMA adalah dunia kerja, jadi kemampuan dalam praktek paling utama dari pada hanya sebatas teori. 

Untuk jurusan dalam SMK banyak sekali, penulis sendiri tidak bisa sebutkan semua secara lengkap, tapi kami akan sebutkan sebagain yang populer:

Tehnik kendaraan Ringan TKR

Dalam jurusan ini kalian akan dibekali tengan keterampilan dalam bidang otomotif, yang lebih khsusu kendaraan ringan seperti mobil, sepeda motor.

Teknik Pemesinan

Dalam jurusan ini kalian akan dibekali tentang keterampilan dalam bidang permesinan, seperti bahan dasar, cara produksi, dan fungsi komponennya dll.

Perikanan.

Dalam juruasn ini kalain akan dibekali dalam tata cara budidaya ikan, merawat dan lainya yang berkaitan dengan ikan.

Tata Boga.

Dalam jurusan ini kalian akan dibekali dengan seluk beluk kuliner. Tehnik masak, peralatan masah, bisnis kuliner dan lainya yang berkaitan dengan dunia kuliner.

Akuntansi.

Dalam jurusan ini kalian akan dibekali dengan bagaimana proses pembukuan dan pencatatan sitem keuangan dalam sebuah perusahaan atau dalam suatu lembaga. atau kalian yang ingin mempelajari keuangan keluarga bisa ikut masuk jurusan ini. 

perbedaan sma dan smk
perbedaan sma dan smk

keperawatan.

Dalam jurusan ini yang pastinya kalian akan dibekali dengan berbagai keahlian dalam dunia kesehatan, dan menjadi perawat. 

Multimedia

Dalam Jurusan ini kalian akan dibekali dengan berbagai tehnik media, seperti kalian akan diajar proses editing video, proses edit sebuah gambar, proses edit foto dll. Kalian akan diperkenalkan banyak sekali perangkat apa saja yang diperlukan dalam proses tersebut. 


Perbedaan SMA dan SMA


Jika kalian sudah banya sedikit dari sekian banyak profil SMA dan SMK mari kita cari tahu perbedaan mereka, versi kami.

SMK lebih mengedepankan praktik dibanding SMA

seperti penuturan kami diatas, jika SMK lebih banyak prakter dari pada SMA. Jika di SMA mempelajari sesuai lebih teoritis. tapi di SMK lebih praktek langsung di bidanya, semisal jika jurusan permesinan maka pelajar akan diberikan mesin yang mereka harus mengetahui semua dialamnya.

SMA Mencakup Ilmu yang Lebih Luas

Jika di SMA kalian akan diberikan materi luas yang cocok untuk lanjut ke kuliah dengan jurusan pendidikan. Seperti jurusan IPA yang mempelajari mulai dari fisika, biologi, dan lainya. 

Tapi lain halnya jika kalian SMK kalian akan lebih spesifik dalam suatu bidang. 

Biaya SMK Lebih Besar.

Yang lebih pasti jika SMK membutuhkan lebih besar biyaya dari pada SMA, karna untuk kebutuhan praktek semua menggunakan uang, apalagi seperti tehnik mesin, maka mereka harus membeli mesin juga.

Lulus SMK Bisa Langsung Kerja

Salah satu yang membuat SMK lebih unggul adalah lulusan SMK siap untuk kerja. tapi lulusan SMK juga siap untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. dengan pengetahuan dan skill yang mumpuni maka anak lulusan SMK siap untuk bekerja. 

tapi bukan lulusan SMA tidak siap kerja, banyak kok lulusan SMA yang juga siap untuk kerja dan juga banyak yang meneruskan kejenjang yang lebih tinggi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan SMA dan SMK - Membuat kalian berubah pikiran"

Posting Komentar

Berkomentar lah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel