Selamatkan mata kalian dari bahaya ponsel sekarang

Smartphone adalah hal lumrah yang di miliki orang saat ini,dengan smartphone dunia seakan hanya di genggama kita,tapi jika anda tahu kalau smartphone itu memiliki dampak sangat besar pada kesehatan kita loh Tapi pada saat ini Unlimod akan menjelaskan bahaya gedget terhadap mata yang lebih terperinci.

Selamatkan mata kalian dari bahaya ponsel sekarang

Pengaruh ponsel terhadap kesehatan mata


Efek gedget terhadap kesehatan mata.

Mata adalah salah satu alat indra kita yang terdiri dari sklera (bagian putih mata),konjungtiva,kornea,pupil,iris,lensa,retina,saraf optikus,humor aqueus,dan humor vitrues yang semunya memiliki fungsi masing masing yang membuat kita bisa melihat semua barang dan sesuatu  di sekitar kita.

Tapi jika anda tahu gedget atau ponsel yang kita pegang saat ini,jangan di sepelekan ponsel yang sekarang kita genggamini,karna ponsel memiliki efek yang membahayakan bagi penggunanya.



“terus menerus berinteraksi dengan layar,kehilangan nutrisi penting,melupakan kacamata hitam anda kebiasaan yang tidak bersalah yang terdengar diam diam mengambil jalan tol pada kesehatan mata”.

kata Dokter mata Hilary L.Hawthorne,wali dari American Optometric Association (sumber: www.realsimple.com).


pencahayaan silau pada layar ponsel membuat mata menjadi lelah dan jika terjadi penggunaan yang terus menerus dan berkelanjutan maka akan bisa menyebabkan gejala sakit kepala,penglihatan kabur,mata kerring,kebutaan sejenak dan gagal memfokusan kembali,dan yang paling sering di keluhkan dan umum adalah stres.
bahaya ponsel bagi mata
sumber: google.com

Bahaya radiasi ponsel bagi mata kita

Tapi bukan hanya itu saja yang membahayakan ponsel bagi kesehatan mata kita pancaran radiasi ponsel bisa juga menjadi ancaman besar bagi mata sang pengguna ponsel,para ilmuan yang telah mempelajari tentang gelombang elektromagnetik ponsel yang terpancar langsung ke mata pengguna ponsel bisa menyebabkan katarak awal,karna terpisahnya lensa mata dari retina,kornea dan sistem mata lainya dan jika penggunaanya terus menerus yang berkepanjangan bukan hanya lensa mata yang terpisa tapi bisa membahayakan retina,sklera,dan  humor vitreous juga.


Di charotar Universitas Sains dan teknologi(CHARUSAT) telah mengungkapkan “panjang gelombang sinyal nirkabel (yaitu sekitar 2 sampai 2,5 cm) di gunakan untuk ponsel dan terminal nirkabel lainya sesuai dengan yang di terima oleh mata manusia.konstanta dielektrik(kapasitas penyerapan) dari jaringan mata sekitar 70 yang lebih besar dari pada satu(di atas 50).ini berarti mata dapat menyerap energi dan elektromagnetik yang sangat cepat” jelas Dwivedi.(sumber: www.rfsafe.com).


Yang paling membahaya bukan karna mata menyerap sinar tersebut,tapi jika mata kita terkena pancaran sinar tersebut maka mata akan menyerap sinar tersebut dan tidak di sebarkan ke seluruh tubuh atau secara tidak langsung di serap sendiri oleh mata.

Tips antisipasi kesehatan mata dari jahatnya ponsel


Pengunaan berlebihan ponsel juga mempengaruhi kesehatan mata kalian.

Pada saat ini penggunaan ponsel bukan hanya menjadi pembantu bagi kebutuhan sehari hari kita tapi ponsel bisa menjadi menu wajib bagi kehidupan kita,tidak sedikit orang yang bagun tidur langsung yang di pegang adalah smartphone.
Jika kita di suruh untuk membuang jauh jauh ponsel dari kehidupan kita maka itu rasanya tidak mungkin dan sangat tidak mungkin maka jika tidak begitu gunakan lah ponsel dengan semana mestinya atau juga sebutuhnya saja.
Semakin banyak kalian berinteraksi dengan ponsel maka kalian membuat mata kalian semakin menjadi ancaman.

Jarak antara ponsel dan pengguna

Jarak antara pengguna dengan layar ponsel juga bisa menjadi faktor ancaman mata kalian,jika kalian tidak bisa mengurangi penggunaan ponsel kalian dalam kehidupan sehari hari,maka jarak antara mata kesayangan anda dengan layar ponsel juga harus di proposialkan.
Jarak antara mata kalian dengan layar ponsel yang tidak terlalu besar ini menurut banyak dokter sekitar 16 inci ada juga yang menyebutkan 14 inci.
Karna semakin dekat mata kalian dengan layar ponsel kalian maka penerimaan sinar silau dan gelombang elektromanegtik pada mata kalian semakin tinggi dan juga membuat mata kalian untuk bekerja ekstra untuk memfokuskan benda yang jaraknya terlalu dekat yang membuat mata kalian menjadi lessuh.

Pengaturan pencahayaan ponsel kalian.

Pencahayaan bukan hanya kita atur ketika di waktu malam dan siang hari tapi pengaturan pencahayaan kita ubah dan kita sesuaikan dalam kondisi di sekitar kita agar mata kita tidak silau untuk melihat layar ponsel kita dan membuat setres kalian sendiri dan untuk kesehatan mata kalian juga.

Tapi bukan hanya pencahayaan font dan juga ukuran texs pada ponsel juga harus kita sesuaikan jangan terlalu kecil agar mata kita tidak terlalu fokus melihat dan berakibat pusing dan lain lain.

Berkediplah sesering mungkin.

Pada normalnya manusia berkedip 15 kali sampai 20 kali dalam permenitnya,lain halnya jika kita berada di depan layar ponsel maka berkedip akan berkurang secara tidak sengaja,dan membuat mata kita kering,karna jika kita berkedip maka kelopak mata akan menyebarkan air mata ke seluruh kornea mata.

Ada istilah 20-20-20 dalam ilmu optik  yang memiliki arti jarak antara ponsel dengan mata harus 20 kaki dan pada setiap 20 menit harus berhenti sekitar 20 menit untuk istirahat.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Selamatkan mata kalian dari bahaya ponsel sekarang"

Posting Komentar

Berkomentar lah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel