6 Cara Mengatasi Memori Penyimpanan internal Penuh di HP Samsung.


Jika anda pengguna hp samsung pasti anda serring di beri pemberitahuan/notifikasi tentang memori penyimpanan hampir penuh.

Atau jika penyimpanan memori internal penuh jika kalian mau menginstal aplikasi pasti ada pemberitahuan tentang ruang tidak cukup.

Mengatasi Memori Penyimpanan internal Penuh di HP Samsung.

Memori Penyimpanan internal Penuh di HP Samsung.
mau download gak bisa
Nah terus ngatasinya gimana ?

Pasti kalian akan menghapus aplikasi yang tidak bergunakan ..!  iyakan...!

Tapi jika kalian sudah menghapus aplikasi yang tak berguna tapi tetap saja,Gimana..?

Bingungkan..?  Mau di gimanakan terus ??

Nah di artikel ini saya akan mengupas secara terperinci dan ringkas ok.

Cara mengatasi memori internal tidak cukup/memori internal penuh .

Jika kita bandingkan dengan ponsel keluaran vendor lainya. maka Samsung adalah salah satu ponsel yang tidak bisa memindahkan aplikasi yang sudah di instal, ke penyimpanan SD card.

Lain halnya dengan vendor atau merek ponsel pintar lainya, yang bisa memindahkan aplikasi yang sudah di instal ke penyimpanan SD card.

Nah ini banyak sekali pengguna HP Samsung yang memiliki keluhan tentang penyimpanan memori internalnya penuh dan tidak bisa di instal aplikasi lainya ,meskipun Samsung telah memberikan memori internal dengan fasilitasi lumayan tinggi dari pada vendor lainya .

Untuk itu ma ka kita harus menyiasatinya sob.

Di bawah ini 6 trick untuk menyiasati memori internal cepat penuh yuk liat:

1. Sebisa mungkin kosongkan file (seperti: foto,video dan lainya) memori internal atau pindah ke memori SD.

Nah pada biasan ya di ponsel kalian menyimpan seperti foto,vidio dan file lainya yang tidak ada sangkut pautnya dengan sistem.

Maka untuk itu p indahkan semua file yang ada di memori internal ke memori SD card seperti foto,video dan musik.atau jika ada file yang bisa di pindahkan tanpa merusak sistem atau mengganggu aplikasi lainya maka pindahkan ke memori SD card.

2. Hapus/pindahkan file dari aplikasi.

Nah biasanya kalian memiliki aplikasi sosmed atau juga aplikasi pengirim file yang tanpa kalian sadari telah memakan memori internal kalian.

Seperti SHAREit dan whatsapp. jika kalian memiliki dua aplikasi ini,maka perlu anda perhatikan bahwasanya dua aplikasi ini ternyata aplikasi penyita penyimpanan internal paling banyak di ponsel android kalian atau menj adi biangkerok ada menjadi profokator (sok gaul dikit) .mari kita teliti satu persatu.

  • SHAREit: Coba kalian pergi ke file saya dan buka penyimpanan perangkat dan cari folder yang bernama SHAREit.maka kalian akan di pertemukan dengan banyak folder seperti apps,videos,files,pictures,contacts dan audios .maka lihatlah di dalamnya, di dalam sana terdapat banyak file seperti foto,video dan file lainya.maka untuk itu pindahkan semua file di SHAERit ke memori kartu SD.

Memori Penyimpanan internal Penuh di HP Samsung.
pindahkan semua file
  • WhatsApp: Nah jika kalian tahu aplikasi sosmed ini adalah salah satu sosmed yang menggunakan memori perangkat/memori internal kita untuk menyimpan semua data yang pernah kita kirim dan kita terima.sekarang kalian coba pergi ke file saya dan pilih memori perangkat dan cari folder yang bernama WhatsApp dan di teruskan pergi ke folder media.maka di sana akan ada benyak folder aplikasi Whatsapp yang menyimpan semua file yang kita terima di aplikasi WhatsApp.maka kalian harus memindahkan sebagian file seperti folder WhatsApp Documents,WhatsApp image,WhatsApp video dan WhatsApp animated gif ke memori kartu SD.

Memori Penyimpanan internal Penuh di HP Samsung.
pindahkan semua file
Dan masih banyak aplikasi yang saya belum sebutkan.maka untuk itu kalian harus mengecek folder folder di memori perangkat/memori internal yang mempunyai nama sama seperti aplikasi yang sudah kalian instal.

Tapi awas jangan asal hapus dengan sembrono /tanpa beraturan itu bisa merusak data aplikasi yang ada di dalam ponsel kalian sob.

3. Hapus data aplikasi yang tersembunyi  (hati hati sebelum menghapus, jika kalian memiliki game online ).

Nah jika kallian perlu katahui bahwa banyak folder di ponsel android kalian yang tersembunyi.yang di dalamnya terdapat file file yang memakan memori perangkat/memori internal yang cukup banyak.

Nah untuk bisa membuka folder folder tersembunyi itu kalian harus sedikit mengaturnya dengan cara pergi >>ke file saya dan >>buka memori perangkat dan >>klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas dan di terukan pilih >>menu pengaturan di menu tab yang baru muncul dan >> centang menu tampilkan file yang tersembunyi.seperti gambar di bawah ini: 
Memori Penyimpanan internal Penuh di HP Samsung.
centang seperti di gambar
Setelah kalia n tahu cara menampilkan file yang tersembunyi maka kembali ke permasalahan.nah folder tersembunyi itu ada banyak dan untuk yang memakan banyak ruang memori perangkat/memori internal yang harus kita hapus sampai tanpa tersisa dan tanpa ampun,dan sudah terperinci di bawah ini:

A. Folder .thumbnails .

Saya tidak tahu dengan fungsi folder ini dan juga tidak ingin tahu dengan folder ini.tapi tenang... saya sudah mencobanya bukan hanya satu kali tapi berkali kali dan hasilnya meskipun folder ini di hapus dan hasilnya tetap saja tidak ada perubahan dan tidak ada yang hilang sob.

Dan untuk menemukan folder ini kalian harus pergi >>ke file saya >>penyimpanan perangkat >>cari folder DCIM maka di dalamnya ada folder yang mempunyai nama .thumbnails maka lihatlah di dalamnya dan hapus semua file di dalam folder .thumbnails.
Memori Penyimpanan internal Penuh di HP Samsung.
jangan ragu hapuslah semua

B. Folder data .

Nah saya juga tidak tahu sama sekali dengan kegunaan file yang ada di dalam folder ini, setahu saya di dalam folder ini menyimpan file yang penting dan tidak penting juga (bekas dari aplikasi yang kalian instal dulu).

Jika kalian suka main game ataupun menggunakan aplikasi yang berukuran besar, perlu hati hati untuk cara satu ini, kalian harus lihat, jika memang folder tidak berguna silahkan hapus.

ciri ciri folder penting adalah, biasanya memiliki nama sama seperti aplikasi yang terinstal diponsel kalian saat ini, jadi harus hati hati ya guys.

Untuk menemukan folder ini kita harus pergi >>ke file saya >>penyimpanan perangkat >>dan cari folder dengan nama android maka di dalam folder android maka di situlah folder data bersembunyi, buka folder data tersebut dan hapus semua tanpa tersisa yang ada di dalamnya.
Memori Penyimpanan internal Penuh di HP Samsung.
jangan ragu hapuslah semuanya

4. Hapus cache /sampah aplikasi.

Mungkin kalian sudah pernah mendengar dengan kata kata cache aplikas. cache ini sepele tapi menyebalkan .kenapa tidak menyebalkan, jika tanpa kalian sadari cache aplikasi kalian menumpuk tanpa pernah kalian hapus.maka itu bisa menjadi biangkerok penuhnya penyimpanan internal kalian sob.

Untuk bisa menghapus cache aplikasi bisa dengan cara manual atau dengan cara otomatis jika belum tahu bisa di lihat di bawah ini:
  • Cara manual: cara ini untuk OS android versi jely bean,kitkat dan lolipop,karna pada versi android ini tidak ada fitur penghapus sampah bawaan jadi kalian harus hapus dengan manual.Dengan cara pergi >>ke pengaturan,>>pengaturan aplikasi/manajer aplikasi >>buka aplikasi apa ajah,terus geser kebawah cari menu hapus cache atau hapus memori.lakukan pada semua aplikasi dengan satu persatu.

Memori Penyimpanan internal Penuh di HP Samsung.
hapus cache
  • Cara otomatis: nah untuk cara otomatis kalian harus menggunakan alat penghapus cache entah itu bawaan atau mengistal aplikasi pihak ke tiga. Tapi jika kalian memiliki HP Samsung OS android versi marsmellow ke atas maka kalian tidak repot repot menginstal aplikasi penghapus cache,karna pada OS Marsmellow ke atas sudah di lengkapi dengan fitur pembersih cache/sampah.nah untuk vesi android Marsmellow ke bawah seperti lolipop dan kitkat,maka kalian harus menginstal aplikasi pihak ketiga seperti clean master dan lainya.

5. Hapus pembaruan aplikasi yang tidak di butuhkan.

Nah jika kalian mau menginstal aplikasi yang lumayan besar,tapi sayangnya memori internal kalian sudah penuh.maka kalian harus menghapus pembaruan aplikasi bawaan HP yang tidak pernah kalian gunakan.

Karna aplikasi bawaan itu akan terus minta pembaruan meskipun kalian tidak pernah menggunakanya. dan paling gilanya aplikasi bawaan ini rata rata memiliki pembaruan yang sangat besar.

Maka pilihlah satu persatu aplikasi bawaan mana yang tidak di butuhkan,dengan cara pergi ke >>pengaturan>>menejer aplikasi >>> geser kesamping ke menu semua dan >>pilihlah aplikasi yang mana mau di hapus pembaruanya dan terus pilih hapus intalasi pembaruan.
Memori Penyimpanan internal Penuh di HP Samsung.
hapus pembaruan aplikasi yang jarang di gunakan

6. Hapus aplikasi bawaan yang tidak di butuhkan .

Jika kalian membeli HP android baru pasti di HP tersebut sudah terinstal aplikasi,nah itu lah yang di namakan aplikasi bawaan .

nah demikin cara yang saya bagikan semoga bermanfaat jika ada keluahn bisa di tulis di kolom komentar di bawah ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Mengatasi Memori Penyimpanan internal Penuh di HP Samsung."

Posting Komentar

Berkomentar lah dengan baik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel