Pengertian Kerjasama : Arti, Manfaat, Bentuk, Membina, Lengkap Secara UMUM

Pengertian kerjasama dan manfaatnya || Unlimod.com || manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa berdiri sendiri, karna manusia harus berdampingan terhadap orang lain dan juga memerlukan bantuan orang lain. Kerjasama lah yang akan membuat orang menjadi saling tolong menolong antara manusia untuk tujuan satu, dan yang sudah di sepakati. 
pengertian kerjasama
kerja sama

Pengertian Kerjasama.

Pengertian kerjasama adalah suatu pekerjaan yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang sudah di tetapkan.

kerjasama bisa dilaksanakan jika masing masing orang yang bersangkutan mempunyai visi, kepentingan yang sama untuk sama sama menuju ke tujuan yang sudah ditetapkan bersama.

dalam lembaga (seperti: perusahaan, sekolah dan lainya) kerjasama harus dilakukan bahkan juga bisa dibilang wajib. dengan kerjasama perusahaan akan bisa sukses dan tambah maju.

tapi semua itu harus dilandasi degan tujuan yang satu (sama), yang sudah ditetapkan, agar tidak terjadi sesuatu di tengan perjanjian.

seperti kerjasama satu sama lain dalam tim di perusahaan membuat pekerjaan menjadi baik, cepat, kelancaran dalam komunikasi dan rasa tanggung jawab setiap individu dalam tim akan dapat terbentuk.

Kerja sama Dalam sosiologi adalah bentuk interaksi sosial dengan sifat asosiatif yang terjadi ketika ada kelompok masyarakat yang punya pandangan sama untuk mewujudkan tujuan bersama.

Pengertian Kerjasama Menurut Para Ahli:

1. Pamudji

Menurut Pamudji, pengertian kerjasama adalah pekerjaan yang dilakukan dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antara individu tersebut agar bisa bekerja bersama sampai terwujud tujuan yang dinamis. menurut Pamudji unsur utama kerjasama ada tiga yakni adanya individu, adanya interaksi antara individu dan adanya tujuan yang sama.

2. Charles H. Cooley

charles H. Cooley berpendapat, kerjasama akan timbul jika ada orang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama sesama manusia dan sekaligus memiliki pengetahuan yang cukup serta kesadaran atas diri sendiri untuk memenuhi kepentingan kepentingan tersebut.

3. Rosen

Menurut seorang ahli yang bernama Rosen kerjasama adalah suatu sumber yang dipercaya begitu efektif pada kualitas dalam pelayanan khususnya pada bidang ekonomi terutama dalam hal jual beli.

4. Tangkilisan

Tangkilisan mengatakan kerjasama merupakan suatu sumber kemampuan dan kekuatan yang hadir dari dalam suatu organisasi sehingga dapat memberikan pengaruh keputusan dan juga tindakan kelompok atau organisasi.

5. Perry dan Thompson

Mereka berpendapat bahwa definisi kerjasama adalah suatu kegiatan yang punya suatu tingkat-tingkat yang berbeda dari mulai tahap koordinasi dan juga kooperasi hingga terbentuknya kolaborasi di suatu kegiatan bersama.

Manfaat Kerjasama

Tanpa kita sadari banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari kerjasama dikehidupan sehari hari kita, Adapun manfaat-manfaat kerjasama, diantara seperti:

1. Mempererat ikatan persaudaraan

Dengan kerjasama ikatan persaudaraan kita bisa meningkat,karna setiap individu yang berkerjasama, mereka akan mencoba mengerti terhadap lawan mereka meskipun itu tidak terlalu intim. Dan jika kita sering komunikasi terhadap lawan kerjasam akita itu bisa membambah rasa persaudaraan kita. 

2. Menumbuhkan semangat persatuan

Dengan kerjasama kita akan menjadi dewasa tidak egois dan tidak memikirkan keinginan kita saja. untuk menuju ke tujuan yang sama kita harus satukan tujuan dan tekat agar bisa mendapatkan tujuan tersebut.

3. Pekerjaan lebih cepat terselesaikan

Jika kita bekerja hanya satu orang saja, maka otomatis pekerjaan itu akan lama selesainya. dengan kita bekerjasama maka pekerjaan kita akan lebih cepat selesaikan karna 1+1=2.

4. Pekerjaan terasa lebih ringan

untuk pekerjaan yang berat ketika kita tidak memiliki orang yang menemanikita, dengan kerjasama pekerjaan kita akan lebih ringan dan cepat untuk diselesaikan.

Bentuk-Bentuk Kerjasama

Bentuk-bentuk kerjasama yang tidak sadar saat ini sering kita temui, diantaranya:

1. Tawar-menawar/Bargaining

Merupakan kerjasama yang dilakukan dengan kesepakatan pertukaran produk ataupun jasa antara dua orang ataupun lebih.

2. Koalisi/Coalition

gabungan dua lembaga atau lebih, untuk mencapai tujuan yang sudah disepakati.

3. Joint venture

Kerjasama yang bertujuan untuk mengerjakan proyek-proyek agar cepat terselesaikan dan tujuan cepat tercapai. 

4. Cooptation

kerjasama ini adalah suatu proses penerimaan berbagai unsur yang baru (usulan) terhadap kepemimpinan di suatu organisasi, dengan tujuan menghindari terjadinya kecurangan ataupun hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Atas dasar kerukunan

kerjasama yang timbul karena kerukunan sesama manusia, tidak biasanya kerjasama ini tidak ada unsur imbalan, seperti gotong royong dan lainya.

Cara Membina Kerjasama

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membina kerjasama agar bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai apa yang diharapkan.

kerjasama akan menjadi lancar dan sesuai dengan yang diharapkan, silahkan lihat cara dibawah ini:

Tentukan tujuannya

Tujuan yang jelas membuat kerjasama berjalan dengan baik, lancar, teratur dan cepat sesuai yang diharapkan.

Siapkan profil

Jika kalian menjalin kerjasama antara tim, maka kalian harus mengenal diri kalian terlebih dahulu, agar bisa mengimbangi terhadap tim. mengenali diri kalian itu mencakup semua yang ada dalam diri kalian.

Buat kesan positif

Membuat kesan positif membuat kalian semakin baik dalam beberkerjasama, dan lebih cepat untuk mencapai tujuan.

Hargai setiap pendapat dan kebiasaan rekan kerja

Dalam tim terdapat dua orang atau lebih, setiap orang pasti memiliki ide dan juga konsep konsep yang tidak pasti sama dengan kita, jadi dengan kita mendengarkan dan juga menghargai pendapat dari rekan kerja membuat tujuan dari kerjasama tersebut akan menjadi lebih cepat, dan lebih baik lagi.


Tunjukan antusiasme

Orang yang pasif dalam suatu kerjasama akan menghambat jalan kerjasama didalamnya, jadi kalian harus lebih berantusias dalam kerjasama seperti memberikan ide ide kalian.

Selalu fokus pada kualitas

Kualitas membuat kerja keras kalian dibedakan, tanpa kualitas kerja keras kalian tidak ada bedanya, sama halnya dalam kerjasama jika tidak fokus dalam kualitas maka tujuan yang diidamkan akan sulit untuk di capai.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel